Thursday, October 27, 2016

std_peripheral vs HAL_library

Dilema pemilihan Library

Sebenarnya ini merupakan kali kedua saya menuliskan tentang “HAL” ini. tapi saya merasa ingin meniliskan kelanjutannya mesikupun keputusan saya masi tetap sama, yaitu saya tetap akan menggunakan std_peripheral dalam project yang sedang saya kerjakan. Berikut ini adalah beberapa link yang saya temui untuk memperkuat alasan saya menggunakan std_periph pada project saya
  1. CMSIS vs HAL vs Standard Peripherals Library
  2. HAL vs standard peripheral library
  3. New HAL libraries vs Std Peripheral libraries
Mari kita melihat satu persatu dari link diskusi diatas, link yang pertama, membahas tentang orang yang ingin memulai suatu project dengan memilih cara yang tepat untuk menginfsetasikan waktunya, suka bersulit sulit dahulu, tapi bisa mengendalikan mikrokontroler lebih dalam dan lebih cepat. Pada link tersebut, malah ada yang menjawab sambil memberikan contoh kode asembly… hem kayaknya bisa di coba tapi nanti.
Pada link yang ke dua. Di sini saya mendapatkan pencerahan yaitu…
So which is recommended or better?
Are you trying to drive nails or screws? You’re asking the wrong question.
What’s right for you might be different for me. If you like hardware a lot, program at a register level, if you like to code relatively quickly and cleanly with a thin but robust and stable abstraction use the SPL, if you want others to supply all the functionality and understanding and tie you to their vision of the universe with a thick, deep abstraction then use HAL/Cube.
Disinilah saya menemukan apa yang saya cari. Seperti kalimat yang di bolt pada quote diatas. ” Jika anda menginginkan kode yang relatif cepat dan jelas meskupun singkat tapi robust dan stabil maka gunakanlah SPL”. Namun ini tidak menutup kemungkinan bagi pembaca yang ingin menggunakan HAL/Cube juga. Ini terkait dengan cara apa kita akan membuat project kita menggunakan STM32.
Akhir tulisan saya, saya lampirkan link download untuk mendownload lib std_peripheral…
Salam, semoga tambah semangat dalam menilis kode stm32
Written with StackEdit.

No comments:

Post a Comment