Tuesday, June 9, 2015

Real Time Operating System, full or just kernels

Judul bole dengan bahasa inggris tapi isinya bahasa indonesia, tak apalah yang penting isi masi sinkron dengan judul
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh rasa penasaran saya tentang RTOS apa yang paling populer, yang sering digunakan oleh para pengembang embedded system. 

link pertama yang saya temukan, ini hanya berupa diskusi atau forum yang menanyakan RTOS apa yang paking sering digunakan. dan urutan yang paling atas adalah VxWorks. pertanyaannya dikembalikan ke diri saya sendiri. mengapa saya tidak perna atau sampai saat ini belum pernah menggunakan RTOS VxWorks. kemudian pencarian berlanjut ke link yang lain.

sampai ketemu link ini, yang memang membahas tentang perbandingan uC yang mengguakan RTOS. Ok, setelah melihat isinya...hanya ada satu RTOS yang familiar dengan saya yaitu uCOS. itu pun sudah mulai saya tinggalkan karena menurut saya RTOS ini adalah berbayar, dan jika menggunakannya untuk develop parangkat maka akan dituntut jika tidak memiliki license.

Sehingga saya pun migrasi RTOS ke FreeRTOS, pada link ini, saya coba CTRL+F dan cari freeRTOS. dan yang temukan adalah.... jeng jeng.. 

 A kernel is not an RTOS, but this can be a confusing issue because of the inappropriate naming chosen for some popular kernels, ‘freeRTOS’ for example. 

 APA.....!!!! FreeRTOS bukanlah sebuah RTOS tetapi hanya sebuah karnel... OK kebanggaan saya ketika menyebutkan, aplikasi saya sudah berjalan diatas RTOS loh... RTOS mana... maksudnya kernel... oh tidak mungkin. Setidaknya hal ini saya tahu dari artikel, bukan dalam sebuah perdebatan dengan orang hebat yang lain...SELAMAT!!! #sapudada.

Kira kira beginilah translate bebas dari link ini

Hal pertama yang harus dipertimbangan adalah apa yang kita butuhkan (dalam hal pemilihan RTOS), apakah RTOS full atau hanya sekedar kernels. RTOS yang termasuk didalamnya juga terdapat bagian kernel dapat menunjang proses penjadwalan, komunikasi, sinkronisasi, pewaktuan, dan penanganan interupsi.

Jadi kesimpulannya adalah. kernel dan RTOS adalah dua hal yang berbeda. Kernel bukan RTOS, tetapi salah satu bagian dari RTOS ada yang disebut kernel. 

ditekankan kembali FreeRTOS bukanlah RTOS, tetapi hanya sebuah Kernel.

untuk pembahasan lebih lanjut tentang RTOS dan hal-hal yang terkait didalamnya seperti, modulariti, time to market, pemilihan platform dan lain sebagainya, dapatlansung berkunjung ke linknya saja.

n_nV

No comments:

Post a Comment