Sunday, February 14, 2016

Weekend project - remote WD-TV

Postingan pertama di tahun ini, baiklah.... selamat tahun baru. dan selamat menjalani resolusi ditahun yang baru ini.

Tidak perlu panjang lebar lagi, ayo kita langsung pada maksud dan tujuan... Weekend project. Project ini biasanya berisi konten yang ringan ringan, sama seperti isi weekend project yang lain, atau bahkan mirip dengan weekend project pada webside webside populer lainnya.

Namun yah sudah lah, weekend porject ini memang mungkin sama. Tapi satu yang pasti, ini adalah kerjaan sendiri yang meniru, merubah, dan menjadikan itu nyata. 

Weekend kali ini adalah membuat atau tepatnya merangkai remote WD-TV. Latar belakang pembuatan remote ini adalah karena remote bawannya rusak alias tidak berfungsi. sebenarnya ada alteratif lain agar WD-TV ini masi bisa digunakan yaitu dengan menggunakan kabel data yang langsung masuk ke TV yang ada konektor USB nya.

Menggunakan kabel data ternyata ada keterbatasanya, yaitu kemampuan dari WD-TV ini tidak dapat dinikmati secara maksimal. karena difungsikan sebagai perangkat storge biasa bukan sebagai pemutar film dengan definisi tinggi, alias HD.

Untuk mencari gantinya, hal pertama yang terpikirkan adalah kontak service center dan menanyakan apakah menyediakan remote cadangan atau tidak. Tapi begitulah telephon semua nomor yang ada di internet, tetapi tidak ada yang menyediakannya. Selanjutnya, browsing di internet apakah ada remote lain yang bisa digunakan. Ternyata ada, remote dari Creative, waw remote yang sangat canggih. Sebanding dengan harganya....bahkan remote ini bisa diprogram diganti ganti fungsinya... seperti HP saja... tambah aplikasi tinggal colok kabel data...

Mungkin karena latar belakang saya yang bisa elektronika, jadi hal selanjutnya yang terpikirkan adalah bagaimana kalau membuat remote tersebut. Berhubung dukungan hardware di daerah tempat tinggal saya cukup bervariasi, jadi apa salahnya untuk mencoba.

langkah pertama yaitu mengumpulkan resource dari internet dan berikut ini adalah beberapa resource yang diperoleh dan menjadi acuan.
  • WDTLIVE remote codes, link ini berisi kode-kode remote yang sudah di capture oleh orang lain, dan dipublis. yah mungkin sama latar belakannya yaitu ingin membuat remote pengganti. atau ada yang menyanyakannya di forum.
  • IR-Remote Library, Selanjutnya pustaka Arduino, perangkat hardware yang dapat diprogram. Perangkat ini merupakan perangkat favorit bagi para penghobby elektronik.
  • Keypad Library, lebrary ini juga digunakan untuk memprogram Arduino. Jika library sebelumnya berhubungan dengan data apa yang akan dikirim, library ini berhubungan dengan manusia, yaitu data apa yang dikenedaki untuk dikirim. (Sulit banget kalimat nya n_nV)
Selanjutnya adalah mempersiapakan dapur (meracik kode yang ada). Beberapa kode yang digabungkan adalah, Kode atau sinyal remote WD-TV, kode keypad, dan kode untuk mengirimkan data lewat irda. Tidak semua fungsi dari remote dikeluarkan dalam remote yang dibuat kali ini, hanya fungsi yang sering dipakai saja. berikut ini adalah gambar yang menggabarkan menu yang diracik.

Setelah kode selesai diracik dan menjadi customize remote, maka tahap selanjutnya adalah percobaan kode tersebut. Berikut ini adalah penampakan dari purnarupa (prototype) remote.


Untuk led irda ada di sebelah kiri. prototype ini sempat digunakan selama kurang lebih 2 bulan, namun, karena kurang fleksibel karena harus selalu terhubung dengan sumber tegangan atau adaptor.
Sehingga selanjutnya dibuatkan sebuah remote yang portable.

Berikut ini adalah alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan remote, proses ini yang saya sebut dengan weekend project. 
  • Kesing universal
  • Arduino Pro Mini, perangkat ini dipilih karena konsumsi tenganan 3.3v dan bentuknya yang kecil. Konsumsi tegangan sebanding dengan kecepatan komputasi, namun pada project ini tidak memerlukan proses komputasi yang cepat.
  • Kabel. Sudah tentu harus ada
  • Led Irda. apalagi untuk komponen yang satu ini, harus ada
  • Led indikator, opsional
  • Saklar ON OFF.
  • Battre Holder
  • LED Holder.
  • Lem Tembak.
  • Grinda tangan. untuk melubangkan kesing.
Foto persiapan alat dan bahan ditunjukkan pada gambar di bawa.


Hal yang pertama dilakukan adalah membaut garis bantu pada kesing dalam rangka pemotongan. beberapa lubang yang dibuat untuk komponen komponen sebagai berikut
  • keypad
  • Irda
  • saklar on/off dan
  • led indikator.
Setelah kesing selesai dilubang, maka tahap selanjutnya menyolder semua komponen yang telah disediakan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawa ini.



Dan beginilah penampakan akhir dari remote hasil dari weekend project kali ini. btw.. video pengujiannya nyusul yah... n_nV


berikut ini adalah video pengujiannya n_nV

No comments:

Post a Comment