Saturday, January 4, 2014

apa...malam minggu di lab

rancananya mau posting yang agak serius tetapi pas sampai di lab, ternyata lumayan rame. dan waktu masuk keraungan. tiba tiba ada teman di samping meja berkata... "apa...malam minggu di lab" hahahhahah jadi deh cerita malam ini agak tidak serius.

mungkin ada beberapa cerita atau catatan yang ingin dibagi pada edisi malam ini.

mari kita tinjau kembali, mengapa tiba tiba jadi ingin ngetik blog lagi.
"mungkin karena kangen"... kangen sama siapa??
"mungkin karena ingin eksis lagi" kalo ingin eksis sih, dari dulu memang ingin eksis #cie...cie
"atau ingin berbagi..?" kalau ini sih terlalu standar....

intermeso. sempat termenung saat membaca artikel ini : http://www.pgbovine.net/early-stage-PhD-advice.htm yang perlu digaris bawahi adalah "bookmark this page and read it once a week"
mengapa....perlu membaca artikel ini setiap minggu. mungkin karena sebagai student pada level ini sering lepas kontrol dan terbuai dengan keadaan saat itu. sehingga fokus...tapi agak tidak tepat sasaran.

nah berdasarkan link ini lah blog ini di aktifkan. yaitu agar tetap bisa "on treck" dalam melakukan penelitian apa saja....ada tulisan yang dihasilkan tiap minggu, apa pun itu.... maksudnya adalah disetiap minggu ada hasilnya.

ok... akhirnya dapat juga dituangkan dalam beberapa serangkaian paragraf (maksud di atas)....Lanjut.

nah untuk mendukung terwujudnya sebuah karya tulis di akhir minggu....apa yang coba dilakukan...
yang pertama adalah mencari tools pendukung agar tetap fokus dengan apa yang dikerjakan. sebenarnya menurut saya, bekerja didepan komputer yang terkoneksi dengan internet, "bagaikan berbelanja tanpa daftar belanjaan". mengapa demikian, karena ketika membuka halaman browser, terkadang yang pertama dibuka bukan apa yang akan kita cari tetapi apa yang menjadi rutinitas kita di internet, misalnya membaca komik One Piece, setalah lewat hari selasa atau rabu (tanggal terbit di setiap minggu), yang ada adalah setiap kali membuka browser di hari senin dan selasa hampir pasti membuka situs komik online.

Tools yang pertama yang digunakan adalah task timer (https://chrome.google.com/webstore/detail/task-timer/aomfjmibjhhfdenfkpaodhnlhkolngif) program pada browser chrome ini dapat membuat waktu yang delewatkan dapat berarti karena, ada catatan apa saja yang sudah dilakukan dalam setiap task yang dengan sadar kita definisikan.

Tools yang kedua, mungkin hampir mirip dengan ide fatigue system untuk pengendara. system ini di konfigurasikan untuk mengeluarkan suara setiap 5 menit. tujuannya agar selalu mengetahui bahwa 5 menit telah berlalu, dan apa yang sedang kita kerjakan. lumayan. tetapi program pada alat ini blum maksimal sehingga masi boros batre.... n_nV -- source (https://www.sparkfun.com/products/12069)



lumayan lah untuk malam ini, setidaknya ada yang di publish



No comments:

Post a Comment