Tuesday, January 21, 2014

Kontrol Relay dengan sms (arduino, gsm dan relay shield), bagian kedua setup modul relay

postingan ini merupakan postingan yang berantai. maksudnya ini adalah bagian yang kedua dari total tiga postingan yang direncanakan, alasanya adalah saya saja tidak suka membaca postingan yang panjang-panjang oleh karena itu setelah menuliskan postingan sebelumnya, jadi perpikir gimana kalau dijadikan beberapa postingan saja berhubung banyak pengalaman yang diceritakan dalam mengkonfigurasi setiap modul (shield) sebelum di pakai sebagai alat kontrol relay dengan sms.

2. modul relay shield. modul yang di pakai adalah produksi dfrobot, mengapa memilih modul ini? karena modul ini yang tersedia di pasaran lokal (bandung). saat ini modul ini sudah mencapai versi dua, dengan perubahan yang sangat signifikan. mari kita melihat bentuk fisik dari kedua versi dari modul ini


relay shield versi 1
relay shield versi 2

dari gambar di atas, yang awalnya tanpa pin konfigurasi (versi 1), menjadi sangat banyak pin konfigurasi (versi 2) bahkan sampai ada konektor tambahan untuk servo, push button untuk reset system dan selekor state prog atau run. untuk fitur yang lain silahkan berkunjung ke halaman ini.

pada versi satu secara default relay terkoneksi pada :
D2 -> COM1
D3 -> COM2
D4 -> COM3
D5 -> COM4

map koneksi ini tidak akan ada masalah jika di pasangkan dengan modul gprs shield, karena tidak ada pin yang konflik. sementara

pada versi dua secara default relay terkoneksi pada :
D2 -> COM1
D7 -> COM2
D8 -> COM3
D10 -> COM4

map koneksi ini akan menyebabkan masalah karena pin D7 dan D8 digunakan juga dalam proyek ini sebagai pin softwareSerial agar mikrokontroler dapat berkomunikasi dengan modul gprs shield. namun karena pada versi dua memiliki kemampuan untuk konfigurasi pin sehingga hal ini tidak terlalu bermasalah. 

misalnya kita menganggap relay yang akan dikendalikan hanya 1 (relay D2). maka kita harus melepas jumper yang terdapat pada D7 dan D8 seperti pada gambar di bawah.



di bagian tengah, di samping kiri dari IC yang berwarna putih, merupakan tempat konfigurasi relay map, dan terlihat bahwa yang terhubung dengan relay hanya D2 untuk D7, D8, dan D10 jumper dihubugnkan dengan IO dari zigbee. 

pengalaman waktu menggunakan modul ini adalah di konfigurasi map relay tadi, saat hanya menggunakan modul gprs shield dan arduino, maka perogram berjalan dengan lancar, namun ketika menambahkan modul relay shield, kok ada masalah yah......setelah di perhatikan ternyata, perlu konfigurasi map relay lebih lanjut. karena pin yang saling konflik.

bagian kedua berakhir di sini.

No comments:

Post a Comment