Friday, January 24, 2014

Antara Dropbox dan Google Drive

Sepintas tentang dua produk ini.


Kedua produk ini menawarkan tempat penyimpanan data secara cloud, maksudnya adalah menyimpan data di salah satu server yang entah di mana. masing masing produk ini menawarkan kapasitas tertentu

google drive merupakan sebuah aplikasi dari google, bertujuan untuk menyimpan data, mungkin awalnya seperti itu. perkembangan aplikasi ini sampai pada satu titik dimana memungkinkan membuka dokumen microsoft office, misalnya doc, excel, ppt dan laninya. Kemampuan ini lah yang menarik perhatian dari para pengguna yang dalam aktifitas sehari hari membutuhkan aplikasi yang dapat membagikan atau mengedit dokumen secara bersamaan. produk turunan dari drive misalnya drive for desktop.

Dalam hayalan saya saat menggunakan drive for desktop adalah nanti di komputer desktop akan terdapat satu folder yang berisi file yang sama dengan yang ada di google drive. saat pertama kali di sync terlihat yah seperti yang di harapkan.

Setelah pemakaian drive selama beberapa hari dan mau membuka file yang ada di dalam folder komputer. Saat diperhatiakan lebih detail, kenapa semua file berukuran sama (selain file PDF), dan ketika di buka, secara otomatis membuka google doc dihalam browser dan loading pun terjadi.

Dalam benak ini, mungkin perlu diganti default programya dengan cara "open with". Ternyata eh ternyata setelah di buka dengan MS word, isi dari file tersebut adalah link untuk membuka browser. Yah ampun apa apaan ini.... ternyata yang dimaksud dengan setiap file dengan ukuran sama hanyalah "short cut", yang kesemuanya nanti tetap saja harus buka browser yang artinya harus terhubung dengan internet... offline work = tidak bisa...

Dari sudut pandang yang sama (tempat menyimpan di internet dan kemampuan sync dengan desktop). Dropbox memberi cita rasa yang berbeda. yaitu semua file yang telah di sync, akan terdapat pada semua desktop yang terhubung dan di internet. Hal ini memungkinkan kita untuk masi dapat bekerja meskipun tidak sedang terhubung dengan internet.

Isu terhubung dengan internet masi merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dalam negara ini karena internet masi merupakan sesuatu yang belum menjangkau semua area di negeri ini.

Selanjutnya dikembalikan ke pengguna. Kelebihan kerja tanpa harus offline dimungkinkan oleh Dropbox, namun untuk urusan kolaborasi masi lebih fleksibel menggunakan drive...ditambah lagi drive yang memudahkan penggunanya karena mendukung aplikasi google lainnya.

beberapa link untuk penelusuran lebih lanjut


http://www.digitaltrends.com/wp-content/uploads/2012/04/chart1.png

No comments:

Post a Comment