Monday, January 20, 2014

Kontrol Relay dengan sms (arduino, gsm dan relay shield), bagian pertama setup modul gprs

jika di search sudah banyak sekali refernesi untuk membuat

hasil pencarian di google dengan kata kunci kontrol relay dengan sms

  1. http://telinks.wordpress.com/tag/kontrol-relay-via-sms/
  2. http://delta-electronic.com/article/2012/03/an0187-aplikasi-kendali-peralatan-dan-monitoring-kondisi-sensor-melalui-sms/
  3. http://www.instructables.com/id/Control-the-relays-via-GPRS-SMS/?ALLSTEPS
  4. http://www.serasidis.gr/circuits/smscontrol/smscontroller.htm
  5. http://www.acmesystems.it/beeboard_gsm
setelah di cari di internet ternyata sudah banyak yang membuat hal yang sama, namun mengapa masi coba untuk di bahas lagi? jawabanya adalah mungkin yang di bahas pada blog ini adalah lebih generik dengan modul modul yang tersedia di pasaran, dan blog tidak terikan dengan produk tertentu (jualan produk).

modul yang digunakan :

dari ketiga modul ini tentunya yang tidak perlu di konfigurasi awal adalah modul arduino, konfigurasi awal maksudnya setingan hardware, karena sudah berupa dev board yang siap pakai, bedakan istilah ini dengan memprogramnya... n_nV

langkah awal yang dilakukan adalah memastikan bahwa modul modul yang di gunakan berfungsi sebagaimana yang di harapkan.

1. modul gprs shield : modul ini adalah modul yang berfungsi untuk menerima sms. pada modul ini terdapat submodul yang merupakan bagian inti dari modul ini yaitu sim900. Parts ini sudah berupa modul yang di paket dalam bentuk IC dengan antarmuka usart. Pada waktu dibeli modul ini memiliki konfigurasi default yaitu jenis sms PDU dan baudrate serial = 0 (auto baudrate), dan masi ada lagi yang lain. tapi untuk proyek ini, dua hal itu yang perlu di perhatikan.

konfigurasi yang harus dilakukan adalah mengubah jenis sms menjadi TEXT dan mengubah baudrate menjadi sesuai dengan baudrate komunikasi serial yang digunakan (19200).

pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengubah dua konfigurasi di atas... betul juga yah..???

caranya adalah dengan menggunakan arduino sebagai antarmuka awal konfigurasi, kodenya dapat di ambil di sini, pada test pertama dengan nama Test Setup. Perlu di perhatikan sim900 perlu di aktifkan manual dengan menekan tombol yang ada pada shield di bagian tepi dari shield ini, tahan sekitar tiga detik. Perhatikan lampu yang indikator sinyalnya, awalnya akan berkedip dengan cepat. jika kedipan sudah lambat(sekitar satu detik tiap kedipan) artinya modul sudah terhubung dengan jaringan telekomunikasi sesuai dengan kartu yang digunakan (jangan lupa menggunakan sim card yang aktif). 

sebagai antarmuka dengan komputer dapat menggunakan hyperterminal atau yang sejenisnya dengan baudrate (19200) sesuai dengan contoh program yang digunakan.

jangan lupa untuk membuka device menager pada windows properties untuk mengetahui Port(com) berapa yang terdaftar sebagai arduino.

setelah modul terhubung dengan komputer, biasanya pada hyperterminal belum akan menampilkan apa apa, atau terkesan belum terhubung (tombol open di tekan). jika terjadi hal seperti ini, coba matikan modul gprs nya dengan cara menekan selama kurang lebih 3 detik tombol yang tadi. biasanya akan muncul "yyyyyyyyyy" itu artinya koneksi sudah berhasil tetapi baudratenya masi salah. coba di restart lagi, dan ketik at terus enter, ulangi proses ini (at + enter) sampai ada balasan ok dari mesin (modul gprs).

setelah ada balasan ok dari mesin ini berarti modul gprs siap di konfigurasi. ada tiga perintah yang harus di ketikkan masing masing perintah di akhri dengan menekan enter :

set baudrate :
at+ipr=19200

set format sms :
at+cmgf=1

save setting yang di lakukan :
at&w

setelah langkah ini dilakukan. maka setup modul gprs telah selesai dilakukan.

ref sim900 : at+command, design
referensi kode di tutorial ini





No comments:

Post a Comment